Resume MBC day 4

Pada MBC day 4 kali ini , Kami juniro dan bonita merasa kecewa karena tidak dapat menyelamatkan ketua angkatan dari sangsi kuorum. Kami juniro dan bonita diberikan tantangan kuorum fisik 235 orang pada MBC day 4 ini. Karena kami tidak dapat memenuhi persyaratan kuorum oleh seniro dan senorita , terpaksa ketua angkatan kami dipulangkan secara paksa. Hal ini bertujuan agar kami sebagai angakatan Eltoro introspeksi diri, sudah solidkah angkatan kami, sudah pedulikah angkatan kami, dan yang terpenting apakah kita sudah satu. Seniro dan senorita dalam forum tidak mau lagi menerima instruksi kami , karena angka 235 sudah bulat. Untuk itu perlu keseriusan dan kepedulian satu angkatan untuk mendatangkan 235 orang angkatan Eltoro.

MBC day 4 ini bertemakan Keelektroteknikan di HME. Pertama kita dikelompokkan dalam lingkar dikusi. Dalam lingkar diskusi tersebut kita membahas tentang artikel yang kita cari mengenai elektroteknik. Forum diskusi dikelompokku dibimbing oleh seniro bagus pratomo. Kami sharing mengenai artikel yang kami dapatkan dalam forum sehingga teman-teman yang lain mendapatkan wawasan yang belum diketahuinya.

Ibun : ibun membahas Alat kesehatan yang berfungsi untuk penderita diabetes militus. Alat ini bernama Kubi. Cara kerja alat ini adalah dengan membunuh bakteri  yang terdapat pada luka penderita diabetes mellitus, agar darah penderita diabetes mellitus tidak mengalir. Mekanisme pembunuhan bakteri tersebut adalah dengan memberikan kejutan listrik sebesar 9 volt.

Yudi : saya memberika penjelasan mengenai 3D printing. 3D printing ini adalah alat pencetak yang menghasilkan objek dalam 3D. Alat ini saat ini masih dalam pengembangan keasarah yang lebih spektakuler. Pada awal research yang dilakukan, Alat ini sudah mampu mencetak objek 3D yang menghasilkan prototype yang akuisisinya tinggi. Awalnya, alat ini hanya mampun menghasilkan bjek 3D yang berbahan dasar semen, palstik,dan fiberglass. Bahan ini masih bersifat sangat sederhana. Dalam pengembangannya oleh salah satu lembaga internasional GEA(General Electrical Afiliation) di Moscow USA akan mengembangkan alat ini dengan memanfaatkan material yang lebih luas. Mereka sedang merencanakan pembuatan 4000 pesawat jet yang berasal dari 3D printing tersebut.

Gesi : Alat Pengatasi Stess . Alat ini disebut dengan PIP. Cara kerja alat ini adalah memberikan kejutan listrik pada ujung jari tangan penderita stess. Berdasarkan penelitian para ahli, Ketika seseorang sedang mengalami stress ada beberapa bagian tubuh mereka yang mengalami perubahan yaitu Hormon tubuh yang meningkat dan detak jantung yang tidak teratur. Cara kerja alat ini adalah saat seseorang menderita stress maka alat ini akan memberikan kejutan listrik pada jari penderita. Lalu gadget penderita akan menawarkan game-game yang sesuai dengan tingkat stress penderita.

Panji : Tracking Human Gesture, Kelebihan detector yang dijelaskan oleh panji adalah alat ini dapat dikendalikan dari jarak jauh dan dibatasi oleh hambatan. Prinsip kerja yang digunakan adalah emitter memancarkan 2 gelombang yang berbeda fasanya. Lalu detector akan menganalisis gelombang yang datang tersebut. Apakah benda dian atau bergerak?

Fahmi : Brain Computer Interaction. Alat ini adalah alat yang dapat membaca perintah otak. Cara kerja alat ini adalah dengan memasang detector dikepala. Berdasarkan prinsip kedokteran, saat otak memberikan perintah maka otak akan mengahasilkan impuls listrik yang berbeda-beda. Impuls inilah yang diterjemahkan oleh detector untuk dijadikan perintah. Sebelumnya otak akan membaca pola pikir pengguna.

Agung : sensor jarak. Sensor jarak ada duan jenis :Optis dan Suara. Prinsipnya sensor jarak ini akan mengukur jarak sensor terhadap benda didepannya.

Ismail : Smart Grid : system distribusi listrik yang efektif dan efisien.

Deni : Gesture Track Device, Penilitian yang beru dikembangkan oleh Fujitsu dengan prinsip kerja Image Prosesing.

Dea : NotePad digital 13,3”(sony)

Abri : Nano Tech. bidang ini adalah salah satu bidang yang dalam pengembangan pesat saat ini. Ada Nanoshot, NanoRobot, NanoTube dll.

Levin : Wireless Charger. Alat ini dapat mengisi baterai HP tanpa kaber dengan memanfaatkan medan elektromagretik dari kumparan dalam alat ini.

Selanjutnya , Kami diajarkan lagu supporteran HME ITB. Ada lagu HME punya kita, Assalamualaikum, Ayo HME kalahkan, … Punya siapa dan TPB Idol.

Vivato Eltoro

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s