Wujudkan Mimpimu

Berbicara tentang mimpi memang tidak ada habisnya. Manusia yang akan selau bersemangat dalam hidupnya adalah manusia yang punya mimpi. Sekecil apapun mimpi itu , sesederhana apapun mimpi itu dan sebesar apapun mimpi itu tapi setiap mimpi punya arti besar dalam diri setiap manusia. Kita pasti sering mendengar Quote yang berbunyi “Bermimpilah  setinggi langit,namun  saat Engkau terjatuh akan jatuh ke awan”. Apa sih makna dari Quote ini??

Sederhana , saat kita punya mimpi yang sangat besar yang diiringi oleh usaha yang besar. Maka saat mimpi itu kita pikir tidak tercapai, sebenarnya kita telah dapatkan posisi yang sebanding dengan mimpi itu.

Mimipi ,bisa diartikan juga sebagai suatu gambaran kejadian yang kita rasakan saat kita sedang tertidur namun itu bukan kenyataan. Akan tetapi, mimpi yang akan saya bahas sekarang adalah mimpi untuk masa depan kita. Masa depan? Sejauh apa kita telah memikirkan masa depan. Mungin ada diantara kita yang belum bahkan tidak punya tujuan hidup untuk masa depannya.

Ada sebagian orang yang berpikir , “untuk apa sih memikirkan masa depan, toh hidup kita adalah hidup saat ini”. Mamang tidak ada yang salah dengan ungkapan seperti itu. Namun, apakah sepicik itukah pemikira kita?

Memang tidak ada orang yang bisa menentukan seperti apa dia di masa depan. Akan tetapi, kita harus berpikir dan berusaha mau jadi apa kita di masa depan.

Kebanyakan orang terlena dengan kehidupan duniawinya. Mereka lupa akan tanggung jawabnya, lupa akan diri sendiri dan lingkungannya. Apa sih yang menyebabkan itu? Salah satunya adalah mereka tidak punya mimpi .

Kenapa kita harus bermimpi? Pertanyaan yang susah untuk dijawab saat kita belum punya mimpi. Saya akan berikan gambaran orang yang punya mimpi VS orang yang tidak punya mimpi. Anggap saja orang yang punya mimpi bernama “A” dan yang tidak bernama “B”. Saya punya teman dekat A dan B. suatu ketika saya mengobrol dengan mereka. Saat dengan si A,

Saya : “Hai A, pa kabar?”

A : “Baik, aku mau cerita nih”

Saya : “cerita aja”

A : “Yud, aku mau sekali masuk FSRD ITB”

Saya : “wah , bagus itu A. kalau boleh tau apa aja sih yang udah A lakukan untuk mencapai FSRD ITB?”(saya tau kalau di memang berbakat disana. Karna dia memang hebar desain)

A : “Aku tu, udah belajar dan meriview semua pelajaran IPS dari awal kelas III yud”(padahal dia IPA)

Saya : “apa ? , nggak bosen thu ? trus apa lagi?”

A : “nggak . asik kok yud . Aku udah mulai les gambar untuk persiapan tes menggambar ”(padahal lagi sibuk-sibuknya persiapan UN)

Saya :”oke sip, semangat ya”

Nah, hal ini berbeda sekali dengan teman saya yang B.

Saya : “Hai B, mau lanjutin kemana?”

B : “nggak tau yud, binggung matematika nggak bisa, bahasa inggris nggak bisa. Nggak taulah.”

Saya : “kok gitu sih B?”

B : “iya yud, mungkin karna males belajar yud”

Saya : “ya udah sekarang mulai merubah diri aja untuk bejar lebih rajin, tidak ada kata terlambat untuk berubah”

B : “Okey yudi , dicoba”

Dari dua cerita diatas, kita dapat simpulan bahwa orang yang punya mimpi pasti akan lebih bersemangat dalam hidupnya. Semangatnya lahir karna dia punya mimpi yang akan diraihnya. Dia yakin dengan kemampuan yang ada pada dirinya. Dia tidak peduli kondisi yang akan membatasinya tapi dia punya mimpi yang akan selalu menyertai aksinya. Semangat tidak pernah padam dalam dirinya.

Berbeda dengan orang tidak punya mimpi dalam hidupnya. Dia tidak tentu araha dan tujuan. Dia tidak mengenal dirinya. Dia tidak tau mau dibawa kemana dirinya. Yang hanya ada dalam pirirannya hanya bersenang-senang dalam hdup ini. Malas berkerja dan beraktivitas. Tidak punya secercah harapan dalam hidup.

Saat kita sudah punya mimpi. Apa yang harus kita lakukan untuk meraih mimpi-mimpi itu? Jawab yang sangat kompleks itu meraih mimpi. Kenapa? Karna tidak ada standar yang bisa menyatakan berapa banyak usaha yang harus dilakukan untuk meraih sebuah mimpi. Setiap manusia yang punya mimpi akan memiliki cara pencapaian mimpi yang berbeda-beda pula.

Yakin adalah kunci utama dalam meraih mimpi. Karna saat kita yakin pada diri sendiri , saat itulah kita sudah memiliki sebagian dari mimpi kita. Banyak orang yang tidak yakin dalam meraih setiap mimpi-mimpinya. Banyak juga orang yang hanya ingin jadi apa adanya. Jadi keyakinanlah yang utama. Sejauh apa kita yakin pada kemampuan diri sendiri maka sejauh itulah mimpi-mimpi itu dapat kita bangun.

Apa lagi sih yang harus kita tumbuhkan dalam diri? Fokus. Yah, focus adalah kunci selanjutnya. Kebanyakan orang yang punya mimpi lupa akan mimpinya saat terlena dengan kehidupan yang serba menyenangkan bagi mereka. Mereka lupa kalau punya mimpi yang harus diwujudkan. Mereka seakan dihipnotis oleh lingkungan sehingga semua rencana yang telah disusun hilang seperti debu yang beterbangan.

Bagaimana agar focus kita tidak hilang begitu saja. Motivasilah diri setiap hari. Dengan membuat kata-kata yang membuat hatimu bergelora kembali disekeliling kamarmu. Buatlah dirimu selalu dalam naungan mimpi-mimpi masa depanmu.

Ingat mulailah melangkah dalam perjalanan masa depan. Jangan hiraukan pekataan yang akan menjatuhkan kita dalam membangun masa depan. Karena masa depan kita ada ditangan kita. Wujudkan mimpi dengan semangat bergelora bersama Sang Kholik.

3 thoughts on “Wujudkan Mimpimu”

Leave a Reply

